"Eh.. kak.. Emang apa sih enaknya main game..? tu kamu sampe mulet sana mulet sini, mata sampe kayak panda, badan jadi kurus. mending buat belajar sono.. tibang gitu-gitu mulu gak ada kemajuan.. mundur mulu.." dengan nada sinis Nyokap ngomong sambil ngoreksi ujian murid-muridnya tanpa menoleh ke tempatku, tanda sudah bosen ngasih tahu. dan aku cuekin seperti biasanya demi keselamatan diri dari amarahnya, walau begitu tapi batinku berbicara"ibu tak kan pernah tahu asyiknya ngegame kalo ibu belom pernah ketagihan game". kejadian itu sekitar 3-4 th yang lalu ketika aku masih tergila-gila dengan game online. Jujur sih dulu waktu aku lagi gila game emang udah keterlaluan.Tapi sekarang udah tobat kok, walaupun kadang kumat.
Game merupakan aplikasi yang berkembang dengan cepat sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Game ini tidak akan lepas dari yang namanya Teknologi Informasi. Kalo ada Game ya pasti ada TI-nya. Itulah yang membedakan Game sebagai permainan dunia digital dengan permainan dunia analog.
Bagi sebagian besar orang tua, yang menurut pengamatan saya hanya dua dari sepuluh orang tua teman saya yang membiarkan anaknya bermain game sesuka hati. Dan hampir tidak ada yang berpendapat positif ketika diminta pendapatnya tentang game. Pendapat mereka yang sering saya dengar adalah game itu bikin anak males blajar, game itu bikin bodo,game itu sia-sia, game itu nghabisin duit doang, game itu bikin ndakik(ketagihan), game itu bikin lupa waktu. sebagai pencicip game saya sebenarnya merasa sedih ketika mendengar semua keluhan mereka tentang betapa najisnya game itu dimata mereka. Saya bersedih karena sebenarnya beberapa game developer itu berhati mulia dan ada banyak game yang memberikan efek positif.
Sekarang ini banyak sekali game developer yang sudah mendengar dan menyadari serta memahami pedapat-pendapat negatif para ortu tadi, khususnya masalah game bikin bodo dan males belajar. Ini terlihat dari mulai banyaknya game yang dalam permainannya sedikit demi sedikit disisipkan materi-materi pelajaran seperti sejarah(Rise of Nation), fisika(Cut The Rope, Max And The Magic Marker), tata kota (Sim city) dan masih banyak contoh lain yang bisa Anda amati sendiri setelah mencobanya. Walaupun banyak mainnya tapikan paling tidak waktu bermain game setidaknya dia belajar. Tapi, tidak hanya yang sedikit sedikit materi yang diberikan, ada yang secara extreem diberikan seperti Brain game(matematik, memori, dan logika), Mari Membaca Al-Qur'an(berisi pelajaran membaca Al-Qur'an), dan pianotime(melatih bermain piano). Dengan begini kan sambil minum air kita menyelam. ato Bobo bilang " bermain dan belajar".
Untuk masalah yang katanya nghabisin duit doang itu tak sepenuhnya benar. Buktinya temenku SMA ada yang sanggup beli Figma(sejenis miniatur tokoh anime, yang ngefans berat sama karakter anime pasti tahu apa itu Figma) yang harganya gak murah dari jerit senangnya ngegame. dia bilang salah satunya ada yang harganya 1 jt dan waktu itu keinjek dan rusak. Dia ngomongnya dengan gaya enteng gitu. kayak uang 1 jt gak ada maknanya. weh weh.. keinget film Top secret.. dari gamer jadi billionaire. walaupun dia tak begitu cemerlang di kelas yang diakibatkan dia tak fokus dan lebih sedikit fokus ke ngegame dan bisnis gamenya, dia membuktikan kemampuannya dalam jual beli akun dan eksis sebagai gamer yang produktif. Sebenernya, gak cuma itu sih. Sodara ku ada yang doyan banget sama game online. dia sering banget beli voucher. tapi dia sedikit pintar. Kenapa? dia ngumpulin semua temen -temen nya yang satu selera dengan dia. trus dia borong tu voucher. alhasil tada.. jadilah dia dapet voucher gratisan, yang dengan kalimat lain temen-temennya yang kurang pinter sedikit dari dia membiayai dia tuk ngegame.
Kalo pendapat ortu yang menyangkut game bikin ketagihan dan lupa waktu, itu jawabannya ada pada kontrol diri masing-masing gamer. Yang ujung-ujungnya Orang Tua harus mampu mengarahkan hasrat ingin main game anak yang meluap-luap menuju ke arah yang positif. gak sedikit kok temen-temen yang punya
kontrol diri yang bagus. ada yang kalo main game online hampir 1/3 hari, secara insting berhenti main game setelah beberapa hari mendekati Ujian akhir atau Ujian tengah karena eyangnya bakal ngamuk berat kalo dia dapet jelek Uas Uts nya. Ada yang main game cuma 5 jam seminggu pada hari minggu karena kalo ngegame kan harus ke warnet karena gak punya koneksi yang memadahi dan dia dilimit uang jajannya sehingga dia harus ngumpulin tu duit yang sedikit selama seminggu buat ngegame sepuasnya pada hari minggunya. Maka dari itu disinilah orang tua berperan. Cari tahu kelemahan anak, masak orang tua sendiri gak tahu kelemahan anaknya sendiri. Habis itu sikat. Diulang terus metodenya sampe jadi kebiasaan, sehingga suatu saat ketika Anda pergi si anak sudah memiliki kontrol diri. Kalo boleh kasih saran aja nih buat temen-temen gamer yang pengen punya kontrol diri. Mulai lah puasa senin kamis dari sekarang. karena menurut Alm. Uztad Din, "puasa itu dapat menekan hawa nafsu, sehingga diri mudah dikendalikan.". Kalo dilogika gak salah dong ngasih saran gitu. Menurut ku cukup sekian saja. bila ingin menambahkan, betanya, mengoreksi, atau sekedar komplimen silahkan jangan sungkan. Aku malah berterimakasih banget. ;)
Hanif Prasetyo Bhakti Adi Nugroho + 202131760862598 Nama Dosen : Onno W. Purbo Kampus : Surya Unversity
jebret dan ahay pemirsa, keep blogging master..
ReplyDeletekomenmu membangun bung.. mulai post selanjutnya akan dikurangi ke-alay-an-nya... dan gak pake jebret jebret saos cocol.. mohon tetap setia disini nemenin anne.. tunggu kelanjutannya
Deletenice infooo
ReplyDeletejadi tau, jangan lupa koment juga di http://01unuys.blogspot.com/2014/01/tekhnologi-komputer-disekeliling-kita.html
ReplyDeletesipp informasinya bermanfaat sekali..
ReplyDeletesangat bagus gan untuk dibaca,, thnaks ya,, nitip juga ya ^^ http://farhanalfaizi.blogspot.com/2014/01/pandangan-masyarakat-terhadap-teknology.html?showComment=1389316196885#c5770559434080705333
ReplyDeletemudah-mudahan orang tua bisa membimbing anak-anaknya untuk bisa mengambil sisi positif dari game...
ReplyDeletesemoga doamu terkabul.. Aamiin..
Deletemudah-mudahan orang tua bisa membimbing anak-anaknya untuk bisa mengambil manfaat dari game yang baik...
ReplyDeletebaca yah para calon orang tua hehe. nitip muhammadraffidp.blogspot.com
ReplyDeletegood....
ReplyDeleteNice broohh mampir jugaa http://egadewaa.blogspot.com
ReplyDeletemantap gan infonya
ReplyDeleteban, aku pernah liat di tv seorang mantan gamers yg sekarang jadi animator film iron man, itu orgnya dari Indonesia, dia terinspirasi dari game online, gimana sih cara bikinnya? akhirnya jadi deh animator kelas dunia
ReplyDeletesemoga para gamers Indonesia bisa menjadi profesional
cara bikin apa ya maksudnya..? kalo setahu ku.. animator tu ada dua macam.. yang ke animasi dan yang ke visual effect. mungkin dia mantan gamer yang jadi animator visual effect.. memang game online seperti RO itu skill effect nya bagus bagus.. dan game sendiri terdiri dari animasi dan programming.. bisa jadi sih dia punya kemampuan mempelajari teknik animasi hanya dengan melihat.. kalo teknik pengoprasian perangkat animasinya sih harus belajar.. yang saya maksud teknik animasi.. tuh dalam animasi tu banyak elemen nya yang perlu diperhatikan supaya animasi lebih natural dan hidup.. contoh nih.. secara tak sadar sebernya saat menoleh mesti kita mengedipkan mata sekali.. ayunan ekor kucing juga memberikan ekspresi tersendiri.. nyaranin aja.. untuk perangkat animasi pake Blender aja... karena open source dan linux (bukan windows)..
Deletebikin animasinya bro, visual effect mungkin (aku lupa), soalnya film iron man kan banyak effect2nya
Deletedan ada juga game buatan Indo, kalo gak salah "the angkot", kayak taxi drive gitu lah
dan yah, selebihnya saya bengong aja ngeliatin tulisanmu ban O.o
proses panjang dan berdarah darah.. begitu aku menggambarkannya...
Deletepertama modeling.. yaitu membuat model 3-dimensi dari para character dan environmentnya termasuk teksturing... trus mulai rigging character.. yaitu proses memberikan tulang tulang sendi yang kurang lebih fungsinya biar model 3-d mudah digerak gerakkan.. setelah proses rigging model 3-dimensi itu akan terkesan seperti boneka.. bisa digerak-gerakin sesuai kehendak.. nah kalo udah gitu baru deh mulai proses animasi.. gerakin satu persatu objek biar berinteraksi secara natural pertimeline.. setelah bergerak sekarang masalah kamera.. kamera di gerakkan.. sekarang kita jadi kameramen.. cari angel yang bagus.. setelah itu proses rendering.. ini proses yang lumayan membingungkan dan membutuhkan kekuatan komputer sekelas superkomputer ber VGA tinggi.. karena itu seperti mengatur sudut fokus kamera.. brightness kamera, contrass kamera, RGB nya.. dan seperti proses merekamnya kamera itu.. setelah dirender animasi akan berbentuk file.. nah.. masak ente mau nonton film begu.. tentu tidak, harus mulai diisikan suara.. dan pengisian dan pengumpulan suara itu gak gampang bro.. tapi asik kok..
itu, super sekali pemirsa..*,*
Deleteya kau ntar bikinlah karya animasimu, biar gak siasia ilmu kau itu
meh.. ya deh dikit-dikit.. lama-lama jadi juga.. kayaknya gak bakal kelar umur 24 deh.. T.T
Deleterencana sih film panjang sekitar 45 menit.. tp kok.. kayaknya gak mungkin jadi secepat itu.. mungkin aku mulai yang gampang dulu ya.. dari film pendek 5 menitan.. tapi bener-bener gak ada waktu bung T.T pengen banget libur setengah tahun trus dirumah cuma mainan blender.. asik kayaknya.. apalagi kalo dibayar
jiaahh, brati gak cuma aku yah yg bermimpi besar tp malesmalesan :3 semoga kita cepet sadar
Deleteyaa bikin2 dulu lahh, baru kalo bagus itu ada yg bayar
kayak mas aaq aja ban.. pertama dari film 5 menit dulu, terus 10 menit baru deh setelah jaringanmu luas baru bikin yang 45 menit :))
Deletesetubuh dengan mas ghifari :)
DeleteGame juga bisa sebagai sarana sosialisasi ban.. contohnya game online (melalui sistem Guild, party etc.). Oh iya.. game online juga bisa menghasilkan banyak uang !
ReplyDeleteada satu Tim Dota legendaris, namanya Na'vi (dari luar negeri) mereka menangin banyak lomba dan menjadi penakluk Eropa Timur. Prestasinya udah dari 2010. Hadiahnya gak tanggung2,
$ 1.000.000 !!
http://www.ctrlaltkill.org/wp-content/uploads/2011/08/team_6_champion.jpg
waaah bagus niih info nyaa,, tunggu aku baan liburan aku juga mau nge blog :))
ReplyDeleteooh iya ada pertanyaan nih ban seandainya kau jadi orang tua dan anakmu main game online sampe dia lupa belajar kayak yang kamu ucapin di tulisanmu itu terus sikapmu gimana ? :)
This comment has been removed by the author.
Deletehahaha... kasih tahu tu anak caranya nge-cheat(ngak begitu nyaranin sih, kl ini udah termasuk e-dosa..XD) dan botting.. trus biar dia bisa harvest sendiri duit.. aku bakal bilang.. "kalo cuma main game aja mah balita juga bisa.. sehina-hinanya paling tidak kmu bisa lah bikin cheat dan bikin bot sendiri.. trus jualan akun/bot/cheat-mu biar dapat duit.. sukur - sukur km bisa bikin game sendiri.. kl lu mau entar ayah Ban bantuin biar bisa jadi MMO.."//ini bila anak ku tanpa disengaja jd doyan ngegame-online. sebelum itu terjadi aku udah pasang upaya preventif dong.. aku kasih liat manga(plis bukan yang E ato H).. trus kasih liat film2 animasi.. trus ajarin flash.. habis itu blender,maya,3dxmax.. habis itu XXXXXXXXX....X(nama aplikasi baru, siapa tahu ada program baru yang lebih canggih untuk 3d animating mungkin 4-d animating hahaa).. wuih jadi sangar..// itu pun kalo anaknya mau.. kadang minat anak itu tak bisa kita paksakan.. tapi yang jelas apapun itu.. akan ku dukung dan motivasi supaya dapat dampak positifnya dan menghilangkan dampak negatifnya... harus bisa lah kalo mau jadi orang tua yang baik dan benar...
DeleteThis comment has been removed by the author.
Deletesiiip daahhh,,,,
ReplyDeleteWhahah. Nice post gan . menghibur & penuh informasi. :)
ReplyDeleteMampir kesini gan. belum percaya E-KTP ada chipnya?? Liat disini buktinya Wahyurohmans.blogspot.com
hem.. hem..
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletesipb gan ....
ReplyDeletelanjutkan!
btw kunjungi punya gw ya gan ,,,
http://jazulinhs.blogdetik.com/2014/01/10/hukum_moore_penyebab_kamatian/
Bagus nih untuk jadi perhatian orang tua :) ditunggu postingan berikutnya ya
ReplyDeleteBetul! Game gak selalu buruk!
ReplyDeletesipp...emang game dapat diubah menjadi efek positif.....
ReplyDeletebagus, jadi tahu kalo game emg ga selalu buruk :)
ReplyDeletesok sok an lu, masih bau kencur aja lagaknya kaya udah pernah ngerasain jadi orang tua.
ReplyDeleteoke deh.. jadi pendapat Anda bagaimana, Ibu Inge? sebagai orang tua yang sudah "berpengalaman"..
Deletebagus sekali blognya,,, menarik. sekalian http://cengkat.blogspot.com/2014/01/skip-to-main-skip-to-sidebar-blog-dari.html#comment-form
ReplyDelete